WISUDA

InsyaAlloh Wisuda Madrasah Diniyyah Asrama XIII Sulaiman-Bilqis ponpes darul ulum Jombang Di Laksanakan Pada Hari Sabtu Tanggal 28 April 2012 .

Jumat, 26 Maret 2010

tetesan embun pagi

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله الذي هدانا الى الإيمان والإسلام
والصلاة والسلام على محمد سيد العرب والعجم وعلى آله وصحبه ذوي الفضل والإنعام أمّا بعد

Sebagai manusia yang oleh sang pencipta telah diamanati sebuah tanggung jawab besar, yaitu menjadi kholifah di muka bumi. Yang mana makhluk-makhluk lain tak berani untuk menerima amanat tersebut. maka sudah seharusnya kita mencari berbagai macam ilmu baik ilmu duniawi maupun ukhrowi, untuk kita jadikan bekal menapaki jalan kehidupan di dunia ini.

Anak-Anakku yang berbahagia..
Sudah sampai waktunya bagi kalian untuk melanjutkan perjalanan untuk menggapai cita – cita yang kalian inginkan. Setelah sekian lamanya kalian di didik dan di tarbiyah di pondok pesantern Darul ‘Ulum Peterongan Jombang ini, sampailah kalian di ujung jenjang, sehingga kalian mendapat setatus alumni PonPes Darul ‘Ulum..

Namun demikian rasa gelisah, bingung, menyesal, merasa kurang mampu dan sebagainya pastilah hadir dalam benak kalian, seperti kata maqolah:
اذا تمّ الآمر بدا نقصه
( ketika sudah sempurna suatu perkara maka jelaslah kekurangannya ).
Namun kalian harus bersyukur kepada Alloh, berterima kasih kepada guru, para Masyayikh yang telah membimbing kalian sampai di penghujung jenjang pendidikan. Dan mendapatkan berbagai macam ilmu yang belum kalian ketahui sebelumnya, dengan demikian amalkanlah ilmumu karena nabi bersabda :
لايكون المرء عالما حتى يكون بعلمه عاملا
(Seseorang tak akan dikatakan berilmu sampai dia mengamalkan ilmunya).

Anak-Anakku yang berbahagia..
Berkata sebagian ‘ulama:
ثلاث خصال توجب النجاح والبرمة والمنفعة الاستقامة والخدمة وصلاة الجماعة
“ tiga hal yang dapat mendatangkan kebahagiaan, barokah dan manfa’at yaitu istiqomah, pengabdian dan sholat jama’ah “.
Berpegang teguhlah kalian dengan apa yang telah di ajarkan karena tantangan di masyarakat sangat sangat besar dan menghawatirkan.

Akhirnya kami hanya bisa berdoa semoga kalian mampu memilih jalan yang paling mashlahat yang bisa mengantarkan kita menuju ridho Alloh SWT, Rosulnya serta para masyayih dan guru-guru yang telah mencurahkan segala berkah dan ilmunya untuk kita. Kemudian selama kami menyertai kalian dalam perjalanan ada khilaf mohon maaf yang sebesar-besarnya.

اللهمّ انفَعْنا بِما علّمتَنا وعَلِمنا مايَنْفَعُنا
ثمّ السّلام عليكم ورحمة الله وبركات


Pengasuh Asrama XIII
(HM.Syarif Hidayatulloh.ST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar